Review Film Bumi Manusia: Film Ketidakadilan Zaman Belanda

Review Film Bumi Manusia Film Ketidakadilan Zaman Belanda

Filmbagus21 – Review Film Bumi Manusia secara totalitas telah berhasil oleh Hanung. Meski tidak persis seperti novelnya tetapi pesan dalam ceritanya tetap tersampaikan dengan bahasa yang lebih sederhana.

Bumi Manusia adalah film Karya Hanung Bramantyo yang masuk dalam jajaran film Indonesia terbaru.

Film yang menjadikan Iqbal Ramadhan sebagai karakter utamanya ini mengadaptasi sebuah novel ternama dengan judul yang sama karya Pramoedya Ananta Toer yang sempat dicekal di zaman Orba.

Sekilas Tentang Bumi Manusia

Sekilas Gambaran Tentang Bumi Manusia

Film Bumi Manusia memiliki dua tokoh utama yang bernama Minke dan Annelies.

Minke sebenarnya adalah orang pribumi. Hanya saja, Minke beruntung karena dia dapat bersekolah di Sekolah khusus orang Belanda dan Priyayi.

Kemudian, Minke menaruh hati pada Annelies yang mana Annelies adalah anak Nyai Ontosoroh yang merupakan istri simpanan dari Herman Mellena.

Annelies sendiri adalah perempuan yang manja. Mencintai Annelies sungguh tak mudah bagi Minke karena penuh dengan pertentangan.

Tak hanya sekedar romantisme yang disajikan dalam film Bumi Manusia karena dalam film ini juga digambarkan bagaimana perjuangan Ibu dari Annelies yang mengubah persepsi masyarakat tentang istri simpanan.

Hal tersebut dibuktikannya lewat menjadi seorang pengusaha.

Review Tentang Film Bumi Manusia

Film Bumi Manusia menggambarkan sosok Minke yang dulunya sangat kagum dengan Eropa.

Baca Juga :  Animasi Riki Rhino, Petualangan Si Badak Sumatra Melawan Pemburu Liar

Tetapi,setelah tahu bagaimana ketidakadilan pada zaman Belanda, pola pikirnya kemudian berubah yang mengganggap orang pribumi juga tak kalah dengan orang Eropa.

Pada novel, pola pikir Minke tersebut digambarkan cukup ruwet.

Namun, dalam Film Terbaru Hanung Bramantyo, sutradara handal ini berusaha mengemasnya secara ringan supaya lebih bisa dinikmati oleh para penontonnya.

Dan dalam hal ini, Hanung patut diapresiasi.

Untuk karakter, Iqbaal Ramadhan dapat dikatakan kurang dalam memerankan karakter Minke meski karisma iqbal berhasil membuat penonton tertarik untuk menonton filmnya.

Sedangkan karakter Analies dikatakan cukup berhasil meski pada suatu adegan, sifat manjanya belum begitu terlihat.

Tetapi bagaimanapun juga, Hanung tetaplah dikatakan berhasil mengubah cerita novel menjadi film yang enak untuk dinikmati.

Bahasa novel yang biasanya tidak mudah dicerna setidaknya lebih terlihat sederhana dan mudah dimengerti ketika disuguhkan dalam sebuah film Bumi Manusia versi masa kini.

You May Also Like

Ravena Aisyah

About the Author: Ravena Aisyah

Saya bekerja di sebuah toko di mall, Hobi saya membaca buku novel, menonton film dan drakor. Saya juga suka dengan film kartun, seperti anime dan animasi karena lucu.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x